www.bakso-kaget.com News: Indonesia Berhasil Buat AI Untuk Deteksi Korona

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) dan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) membuat software berbasis kecerdasan buatan (AI) yang berfungsi untuk mendeteksi seseorang yang dicurigai membawa virus corona.

Dokter Penyakit Dalam RSCM Eric Daniel Tenda mengatakan bahwa software ini dihasilkan dari penelitian multidisiplin menggunakan sistem CAD4COVID (Computer-Aided Detection for COVID-19), yang dikembangkan oleh Delft Imaging System

Sistem ini dibagi menjadi dua tahapan dimana tahap pertama bertujuan melakukan studi validasi dan melihat skoring AI untuk pneumonia pada terduga dan terkonfirmasi COVID-19. Tahap berikutnya merupakan studi diagnostik di mana mesin mencoba untuk membuat suatu model prediksi berdasarkan monitoring efektivitas penggunaan AI pada foto rontgen.

Namun, RT-PCR ini diketahui kurang sensitif. Karena itu, Eric dan timnya menambahkan modalitas seperti penggunaan foto rontgen dan juga city scan yang memiliki sensitivitas yang tinggi. Dengan sensitivitas yang tinggi, dokter terbantu dalam proses pelayanan dan penegakan diagnosis.

AI ini juga dapat digunakan sebagai penilaian untuk triase dalam proses pelayanan pasien saat pertama kali masuk ke rumah sakit. Software akan secara otomatis melakukan segmentasi dari gambaran foto rontgen yang sudah ada, kemudian akan dilakukan taksiran nilai estetis.

Eric pun menegaskan bahwa keamanan data pasien sangat dijaga dan hanya disimpan oleh tim peneliti berupa sebuah kode. Software ini juga tersedia secara offline.
Usaha Kuliner Terbaik Bakso Kaget

Usaha Kuliner Terbaik Bakso Kaget
Further Information :
HP/WA : 0821.2828.9977
Official Website :
www.franchisemall.co.uk
www.bakso-kaget.com

Komentar