www.bakso-kaget.com News: Di Mana dan Kapan Melihat Gerhana Matahari Cincin Bulan Ini?

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan Gerhana Matahari Cincin (GMC) akan dapat diamati di Indonesia pada 21 Juni 2020, namun tidak secara total, atau dengan singkat, Gerhana Matahari Sebagian.

Durasi gerhana paling sebentar akan terjadi di Kepanjen, Jawa Timur, selama 3 menit 17,1 detik, sedangkan yang paling lama akan terjadi di Sabang, Aceh, selama 2 jam 27 menit 11,1 detik. BMKG mengkalkulasi ini dengan cara membandingkan selisih antara waktu kontak akhir dan waktu kontak awal di setiap kota.

Sekadar informasi, Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semua cahaya sampai ke Bumi, yang merupakan akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan itu hanya terjadi pada saat fase bulan baru dan dapat diprediksi sebelumnya. Oleh karena itu, Matahari, Bulan, dan Bumi tepat segaris. Matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya.

BMKG mengumumkan Gerhana Matahari Sebagian akan melewati 432 pusat kota dan kabupaten di 31 provinsi dimulai dengan Kepanjen, Jawa Timur sampai Melonguane, Sulawesi Utara. Dan 83 kota, yaitu dua kota di Bengkulu, tujuh kota di Lampung, sepuluh kota Jawa Tengah, dan tujuh kota Jawa Timur, semua kota di Jawa Barat kecuali Indramayu, Banten, DKI Jakarta, dan DI Yogyakarta tidak akan dilalui gerhana ini.



Usaha Kuliner Terbaik Bakso Kaget
Further Information :
HP/WA : 0821.2828.9977
Official Website :
www.franchisemall.co.uk
www.bakso-kaget.com


Komentar