www.bakso-kaget.com News: Status Gunung Di Filipina Naik Radius

Departemen Ilmu pengetahuan dan Teknologi Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Philippine Institute of Volcanology and Seismology Departement of Science and Technology/PHIVOLCS-DOST) memberikan peringatan naiknya level waspada erupsi pada Gunung Berapi Taal di Pulau Luzon, Filipina.

Level peringatan meningkat dari level 3 (pergerakan magma) menjadi level 4 (erupsi berbahaya segera terjadi) pada pukul 19.02 PST, Minggu (12/1).

Dari akun Twitter resmi @philvolcs-dost, aktivitas erupsi di kawah utama Gunung Taal meningkat. Kenaikan status terjadi akibat aktivitas vulkanik yang mengeluarkan fragment partikel yang sarat uap setinggi 10-15 kilometer disertai petir dan hujan abu basah di bagian wilayah utara gunung Taal.

Aktivitas getaran vulkanik terus terpantau sejak 11.00 siang PST dan tercatat terjadi dua kali gempa vulkanik berkekuatan M2.5 dan M3.9, Gempa termasuk dalam kategori intensitas III hingga getaran dapat dirasakan di beberapa kota seperti Tagaytay dan Alitagtag. Sedangkan di Batangas terjadi pada pukul 18.15 PST dan 18.22 PST.

Melihat hal tersebut, saat ini mereka menaikkan status peringatan erupsi Gunung Taal dari level waspada 3 menjadi level waspada 4. Itu berarti kemungkinan letusan dengan kekuatan besar bisa terjadi dalam beberapa jam atau hari.

PHIVOLCS-DOST menegaskan kembali untuk mengevakuasi seluruh warga yang tinggal di sekitar Gunung Taal, yaitu yang berjarak radius 14 km dari kawah utama Gunung Taal.

Selain itu waspada perlu ditingkatan di daerah pemukiman warga bagian utara gunung, karena diperkirakan akan terdampak hujan abu basah yang berkepanjangan. PHIVOLCS-DOST mewajibkan kepada otoritas penerbangan sipil untuk menghindari penerbangan yang lewat sekitar gunung berapi Taal.

Usaha Kuliner Terbaik Bakso Kaget
Further Information :
HP/WA : 0821.2828.9977
Official Website :

Komentar