www.bakso-kaget.com News: Konflik Venezuela

Kisruh politik Venezuela kisruh ketika Juan Guaido mengaku sebagai Presiden.

Langkah tersebut dilakukan Guaido bukan tanpa dukungan. Sejumlah negara mendukung Guaido sebagai presiden sah dan mengucilkan Maduro. Meski begitu, Maduro berkeras tetap mempertahankan kepemimpinannya di tengah krisis ekonomi dan politik dengan dukungan dari para loyalisnya.

Amerika Serikat segera mengakui Guaido sebagai pemimpin sah Venezuela tak lama setelah politikus 35 tahun itu mendeklarasikan diri. Washington berjanji akan menggunakan "kekuatan ekonomi dan diplomatiknya" untuk memulihkan demokrasi Venezuela. Tak lama setelah itu, langkah AS diikuti sejumlah negara Amerika Latin, seperti Brasil, Kolombia, dan Argentina.

Sekutu AS, Inggris, juga mengikuti langkah Washington. Melalui juru bicaranya, Perdana Menteri Theresa May menganggap kemenangan Maduro dalam pemilu 2018 tidak sah.
Jerman pun sependapat. Menurut pemerintahan Kanselir Angela Merkel, parlemen Venezuela memiliki "peran penting dan khusus" untuk mengamankan masa depan yang bebas bagi negara tersebut.

Para pemimpin Uni Eropa juga menyerukan Venezuela untuk segera menggelar pemilihan umum yang bebas dan adil, meski tak secara eksplisit menyatakan dukungan terhadap Guaido sebagai presiden interim negara tersebut. Melalui pernyataan, blok perdagangan itu mendesak seluruh otoritas Venezuela menghormati "hak-hak sipil, kebebasan, dan keamanan" dengan memungkinan rakyat negara itu menentukan masa depan mereka dengan bebas.
Sementara itu, Mahkamah Agung Venezuela yang sebagian besar diisi loyalis Maduro juga tetap kuat berdiri di belakang pemimpin sosialis itu. 

Perusahaan minyak PDVSA yang menyumbang sebagian besar pendapatan ekspor Venezuela turut mendukung Maduro dengan mengatakan "Kami tak punya presiden selain Maduro." Beberapa kelompok dan geng bersenjata di daerah permukiman kumuh juga tetap menyatakan dukungan terhadap Maduro. Dari luar negeri, Rusia dan Turki sama-sama menegaskan masih mengakui Maduro sebagai pemimpin sah Venezuela. Moskow bahkan menuduh AS ingin merebut kekuasaan di Venezuela dan memperingatkan intervensi militer.



Usaha Kuliner Terbaik Bakso Kaget
Further Information :

HP/WA : 0821.2828.9977
Official Website :
www.franchisemall.co.uk
www.bakso-kaget.com

Komentar