www.bakso-kaget.com News: Mengetahui jika alien eksis di 1,327 bintang

Pencarian dilakukan sebagai bagian dari inisiatif Breakthrough Listen, upaya 10 tahun berbiayai $ 100 juta yang didanai oleh miliarder Rusia Yuri Milner.

Penelitian ini bertujuan untuk memindai langit untuk mencari transmisi atau bukti lain yang dibuat oleh makhluk di dunia lain. Inisiatif ini, yang dimulai pada 2015, bergantung pada dua teleskop paling kuat di dunia - teleskop Robert C Byrd Green Bank berdiameter 100 meter di Virginia Barat dan Parkes Telescope berdiameter 64 m di New South Wales, Australia, untuk menguping komunikasi alien.

Sebuah penelitian mencari kehidupan di luar Bumi, yang paling komprehensif, tidak menemukan adanya Alien di 1.327 bintang terdekat dengan kita.

"Jelas tidak ada yang mencolok di sana," kata Danny Price, seorang ahli astrofisika di University of California, Berkeley, dan penulis utama sebuah makalah tentang hasil penelitian yang diterbitkan dalam The Astrophysical Journal.

Sementara tim tidak menemukan apa pun kali ini, Price mengatakan bahwa mungkin ada banyak penjelasan tentang kurangnya sinyal alien. Mungkin pencarian dilakukan pada frekuensi yang salah, atau sinyal itu tidak muncul akibat gangguan radio dari Bumi.  Dalam rilis data terbaru mereka, para peneliti menganalisis 1 petabyte (atau 1 juta gigabyte) data di radio dan panjang gelombang optik, melihat lebih dari seribu bintang berjarak 160 tahun cahaya Bumi. Beberapa ribu sinyal menarik muncul selama pencarian, meskipun semuanya ternyata berasal dari sumber-sumber di dunia, seperti satelit buatan manusia.

Seluruh katalog informasi raksasa akan tersedia untuk umum di Arsip Data Terbuka Breakthrough, menjadikannya publikasi terbesar data SETI dalam sejarah bidang ini.

Jason Wright, seorang astrofisikawan di Pennsylvania State University yang tidak terlibat dalam penelitian itu, mengatakan kepada Live Science bahwa dia terkesan dengan komitmen para peneliti untuk merilis data mereka kepada publik. Price optimis bahwa di masa depan timnya akan dapat memberikan batasan yang lebih ketat pada prevalensi kehidupan di alam semesta. Para peneliti bermaksud untuk menggunakan teleskop MeerKAT di Afrika Selatan untuk mengamati lebih dari satu juta bintang di lingkungan galaksi kita.
Usaha Kuliner Terbaik Bakso Kaget
Further Information :
HP/WA : 0821.2828.9977
Official Website :

Komentar