www.baso-kaget.com News: 6,1 Juta Ton Benih Jagung dari India Dibakar di Soekarno-Hatta


Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Karantina Pertanian Bandar Udara Soekarno Hatta memusnahkan 6,1 ton benih jagung asal India. Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil menyampaikan pemusnahan itu dilakukan karena benih jagung positif mengandung bakteri yang belum pernah ada di Indonesia dengan kategori Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) A1 bernama Pseudomonas Syrungae Pv Syrungae.

Jamil mengatakan benih jagung yang masuk lewat Bandara Soekarno-Hatta akhir tahun lalu ini memiliki dokumen resmi dan lengkap dari negeri asal. Akan tetapi, sebelum digunakan, Karantina Pertanian Indonesia memiliki kewajiban untuk tetap melakukan pemeriksaan laboratorium, dan hasil akhirnya menunjukkan bahwa benih jagung impor tersebur tidak lolos dalam verifikasi perkarantinaan Indonesia.

Menurut Jamil bekteri PSS akan sangat berbahaya bagi kinerja petani dalam berproduksi karena berpotensi mengurangi produksi Jagung secara signifikan hingga 40% dari hasil panen.

Pemusnahan benih jagung berbakteri tersebut dilakukan menggunakan incinerator berkapasitas 400 kg milik Balai Besar Karantina Pertanian Soekarno-Hatta.


Usaha Kuliner Terbaik Bakso Kaget
Further Information :

HP/WA : 0821.2828.9977
Official Website :
www.franchisemall.co.uk
www.bakso-kaget.com

Komentar