Bakso Kaget Viral : Mengenal Istilah Hoax dan Bahayanya

Mengenal Istilah Hoax dan Bahayanya


Peluang Bisnis Usaha Makanan Bakso Kaget

Arti hoax dalam kamus Cambridge mengartikannya sebagai penipuan untuk tujuan melucu atau jahat. 
Sementara merriam-webster memaknainya untuk mengelabui seseorang dan menjadikan percaya atau menerima sesuatu yang tulus palsu dan seringkali tidak masuk akal.

Kata hoax pertama kali muncul dan langsung populer di pertengahan hingga akhir abad ke-18. Banyak yang meyakini kata ini berasal dari hocus, potongan dari istilah pesulap hocus pocus yang berarti fokus mengelabui. Kalimat pendek ini sendiri muncul di awal abad ke-17.

Sementara, ahli bahasa Inggris, Robert Nares menyebut hoax merupakan kalimat lain dari kata kerja hocus, yang berarti 'untuk menipu, memaksakan kehendak, atau 'sering mencampurkan minuman keras'.

Penyebaran Hoax yang akhirnya menjadi tren sebuah kata yang mewakili berita bohong berawal saat film The Hoax dirilis tahun 2006. 
Sebelum difilmkan, The Hoax merupakan novel karya Clifford Irving tahun 1981. 
Namun, di versi filmnya yang dibintangi aktor kawakan Richard Gere ternyata berbeda jauh dengan versi novel, ada cerita yang dihilangkan atau diubah. Kasus tersebut merebak luas yang berakibat The Hoax dicap sebagai film yang banyak mengandung kebohongan, sehingga kemudian banyak kalangan terutama para netter yang menggunakan istilah Hoax untuk menggambarkan berita kebohongan atau berita bohong tanpa sumber yang jelas.

Berikut bahaya dan pengaruh hoax pada kehidupan bermasyarakat :

1.     Merugikan suatu pihak

Judul yang provokatif dan isi berita yang tidak akurat  dapat menuai berbagai opini negatif, tentu opini negatif ini dapat merugikan pihak yang bersangkutan

2.     Memberikan reputasi buruk akan seseorang/sesuatu

Apabila berita tersebut tidak kamu teliti dan langsung kamu share dan seantero temanmu juga jadi ikut percaya, itu bisa jadi bahaya loh! sebab isi berita hoax yang merugikan tersebut bisa membuat image seseorang menjadi jelek dan ketika sudah viral tidak akan ada yang mau bertanggung jawab.

3.     Menyebarkan fitnah
Selain reputasi buruk yang terbentuk, fitnah pun bisa tercipta melalui berita hoax yang tersebar.

4.     Menyebarkan informasi yang salah
Eits jangan langsung percaya dari judul yang terkesan ilmiah juga ya! Coba kalian cek dulu sumber dan keaslian sumber daripada berita tersebut. Jangan sampai kalian malah jadi gagal informatif.




Peluang Usaha Kuliner Franchise Bakso Kaget
Peluang Bisnis Makanan Bakso Kaget


Bisnis yang menjanjikan usaha kuliner makanan Bakso Kaget


PELUANG BISNIS FRANCHISE BAKSO KAGET 
FURTHER PROMO INFORMATION :
HP/WA : 0821.2828.9977


Official Website :





Komentar