Prospeknya Peluang Bisnis Bakso Kaget



Prospeknya Peluang Bisnis Bakso Kaget
Liputan Tabloid Peluang Usaha Edisi Juli - Agustus 2013
www.bakso-kaget.com
www.waralababaksokaget.com 






2 | Edisi 21 • Th VIII • 2013

Bakso sudah menjadi makanan yang sangat merakyat
dari semua golongan, dari kelas bawah hingga kelas atas
yang bisa dikonsumsi di mana saja dan kapan saja.
Bakso memiliki segmen pasar yang sangat besar.

Hampir di setiap sudut jalan kita bisa melihat
ada pedagang bakso yang membuktikan segmentasi
bakso sangat besar dan semuanya bisa eksis (berjalan).
Melihat potensi usaha bakso yang sangat besar,
Johan Lim, MT dan DR. Cenling terinspirasi
merintis usaha kuliner untuk anak-anak mereka nantinya
yang diberi nama Bakso Kaget sejak September 2008 di kota Bandung.

Johan Lim dan Cenling melihat persaingan bisnis Bakso sangat ketat, untuk itulah Johan Lim dan Cenling mencoba memasuki bisnis kuliner Bakso dengan menambahkan nilai unik pada sajian menu Bakso
yaitu konsep “Tebak Isi Baksonya.”

Pada konsep ini, butiran Bakso Kaget memiliki bentuk
yang sama namun isinya berbeda-beda.
Saat ini ada 8 macam isian Bakso Kaget dan terus akan
ditambah seperti isi Cabe, Hilang Isi, Jagung, Jamur,
Keju, Cincang, Telur, dan Udang.
Konsumen tidak bisa memilih dan mengetahui isi bakso yang didapat,
dan salah satu isi bakso yang bisa membuat kaget,
tidak salah lagi adalah bakso isi cabe.
Bagi konsumen yang tak suka pedas termasuk anak anak,
Bakso Kaget juga menyediakan Bakso Campuran selain isi Cabe dengan berbagai varian rasa, mulai dari isi keju, jamur, jagung, daging, dan lainnya.

Jenis bakso juga terus ditambah, dari yang awalnya hanya Bakso Kaget, sekarang sudah ada Bakso Urat Polos, Bakso Urat Pedas, Bakso Big Ball, Beby Bakso, Bakso Bakar, dan akan terus ditambah dan dikembangkan.

Kisaran harganya mulai dari Rp 8 ribu hingga Rp 16 ribu
dengan tag line “Harga Ngepas Selera Berkelas“.
Boleh dibilang, kita adalah yang pertama dan satu-satunya
di Indonesia dengan konsep Bakso isi tanpa bisa memilih isian
yang kita mau.
Di sinilah unsur having fun-nya, seperti ekspresi wajah kaget pada saat cabe termakan dan akan menciptakan sensasi hoki dan tidak hoki sesama konsumen yang mendapatkan bakso cabe dan bagi yang tidak mendapatkan bakso cabe.
Karena itu setiap konsumen akan selalu berhati-hati untuk mengetahui isian yang akan mereka dapat,” jelas Johan Lim.

Johan Lim juga mengusung konsep karakter animasi yang melambangkan setiap isian bakso.
Karakter animasi ini akan terus dihidupkan menjadi film kartun, games, dan merchandising untuk memperkuat posisi branding gerai-gerai Bakso Kaget.
Kedua konsep tersebut yaitu “Tebak Isi Baksonya” dan konsep Karakter Animasi membuat Bakso Kaget memiliki keunikan dan keunggulan tersendiri dibandingkan bakso lain.
Apalagi Bakso Kaget telah tersertifikasi halal dan tersertifikasi bebas boraks dan formalin.
Bakso dengan konsep dan nilai lebih seperti Bakso Kaget ini juga baru pertama di Indonesia.
Bakso Kaget juga telah memperoleh prestasi seperti Best Seller Franchise 2010, Best Fastest Growing Franchise 2011 dan Franchise Best Choice Pilihan Investor 2012 serta liputan berbagai media cetak dan elektronik.

Peluang Waralaba.
Bakso Kaget menawarkan peluang waralaba tanpa royalty fee,
dengan kontinuitas pada bakso dan bumbu kuahnya.
Dengan keunikan yang ditawarkan, sejak berdiri hingga saat ini,
Bakso Kaget telah memiliki hampir 500 unit gerai dan mobile (jualan keliling dengan sepeda,sepeda motor dan motor 3 roda).

Ada dua jenis investasi Waralaba Bakso Kaget yaitu
mobile/keliling dan gerai. Nilai investasi menjadi mitra
Bakso Kaget Gerai Rp 80 juta, Lengkap Peralatan;
Bakso Kaget Mobile Rp 30 juta Lengkap Peralatan-Siap Dagang;
Bakso Kaget Motor 3 Roda Rp 40 juta Lengkap Peralatan-Siap Dagang.

Mitra diperkirakan bisa mencapai BEP setelah 6 bulan apabila bisa mencapai target penjualan 80 porsi Bakso Kaget dalam sehari.
Dari pengalaman selama ini, omset yang bisa dihasilkan mitra dalam sebulan sekitar Rp 30 – 90 juta.
Kontrak waralaba berlaku selamanya, selama mitra masih mengambil bakso dari pihak Bakso Kaget.
Proses order berlangsung dengan memesan ke kantor pusat Bakso Kaget dan produk dikirimkan via ekspedisi yang bekerja sama dengan pihak Bakso Kaget.
Pengiriman Pulau Jawa menggunakan ekspedisi kereta api atau bus, dan pengiriman luar Pulau Jawa menggunakan cargo pesawat. Bakso bisa bertahan dalam suhu freezer maksimal 3 bulan, sedangkan dalam perjalanan pengiriman tahan maksimal 3 – 5 hari.

Mitra boleh menambah menu-menu lainnya yang diemailkan kepada pihak Bakso Kaget untuk dibuatkan icon karakternya untuk dimasukkan ke dalam buku menu supaya konsep gerai-nya menjadi sama.
Selain Bakso, target lainnya dari Bakso Kaget adalah mendongkrak omset minuman.
Dengan tergigitnya cabe akan membuat konsumen mengonsumsi cukup banyak minuman.
Minuman disediakan oleh mitra sendiri sehingga 100% keuntungan penjualan minuman adalah milik mitra.
Lokasi calon mitra tidak perlu disurvei dulu karena bakso merupakan makanan semua golongan dan dapat dimakan kapan saja serta di mana saja, tidak seperti Chinnese food yang membutuhkan segmentasi khusus.

Harga jual 1 porsi Bakso Kaget standar Rp 8.000 dengan margin untuk mitra sekitar 40%.
Harga jual dapat menyesuaikan kondisi setempat yang akan langsung dipandu oleh kantor pusat Bakso Kaget step by step pada saat persiapan opening.

Dengan keuntungan yang sangat menjanjikan, kini terbuka kesempatan untuk menjajal peluang waralaba Bakso Kaget yang potensial

Komentar